Selamat Datang

Sugeng Rawuh Wonten Ing Blog BKM Maju Makmur Desa Pleret.....!!!!! Maturnuwun Sampun Kerso Pinarak..... CP.BKM = (0274) 664-2614

PELATIHAN KETERAMPILAN MEMASAK CATERING



bkmmajumakmur.blogspot.com - Untuk membekali para perempuan di wilayah Desa Pleret khususnya warga pedukuhan Gunungan, Trayeman, Kauman dan Karet, BKM Maju Makmur melalui Unit Pengelola Sosial (UPS) mengadakan kegiatan Pelatihan Keterampilan Memasak Catering untuk memberikan bekal sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat Desa Pleret. "Ini berupa pelatihan catering, pelatihan jasa boga," ujar Tadhorungin yang merupakan anggota UPS BKM Maju Makmur.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para perempuan sekitar Desa Pleret memiliki  keinginan dan kemampuan untuk berwiraswasta dengan memberikan pelayanan jasa. "Dalam hal ini menyediakan makanan bagi masyarakat Desa Pleret pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya termasuk perkantoran di wilayah Desa Pleret," imbuhnya.

Ada sebanyak 15 peserta yang mengikuti kegiatan ini, yang sebagian besar berasal dari Pedukuhan Gunungan, Trayeman, Kauman dan Karet. "Dari 15 orang tersebut, semua telah masuk dalam daftar PS.2 (KK Miskin)," jelas Tadho.

Peserta berasal dari partisipasi individu, namun ada juga yang dari Kelompok PKK. Ahmad Sudarmi, S.Pd selaku koordinator BKM menegaskan, peserta yang turut berpastisipasi dalam pelatihan ini bukan sebagai Anggota BKM dan Unit-unitnya. Namun, masyarakat Desa Pleret untuk mendapatkan pembekalan agar dapat memberdayakan diri mereka. "Setidaknya apa yang telah dibekalkan kepada mereka ini bisa menumbuhkan jiwa wiraswasta," harapnya.

Sebab, kebutuhan untuk pemenuhan pokok seperti makan bagi sekitar 10.000 warga yang berdomisili di Desa Pleret sangat penting dan bisa dijadikan sebagai lahan bisnis wirausaha. Sehingga, dengan adanya bekal pelatihan dan sertifikat yang diberikan, kelas akan memberikan nilai lebih bagi mereka.

Pelatihan ini disambut baik oleh para ibu-ibu yang terkena dampak langsung dari proses perkembangan penduduk dan perekonomian di wilayah pleret dan sekitarnya. "Ya senang Mas, mendapat pengalaman lebih, tambah ilmu," ujar salah satu peserta asal Dusun Kauman, Surtini.

Dirinya mengaku berniat untuk membuka jasa catering bersama kelompok peserta pelatihan yang lain. "Ya pengennya ya buka catering Mas, biar bisa menambah penghasilan keluarga," imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh beberapa peserta lain. Seperti Heni Purwanti dan Supriyati. Namun, salah satu peserta dari Karet, Nanik S. mengaku sebenarnya dirinya ingin membuka jasa catering. Hanya saja terkendala tidak adanya modal. "Senang Mbak ikut kayak gini (pelatihan). Pengennya nanti ya buka catering, tapi mau gimana lagi, ndak ada modal," ujar Damini. 


Berhubung dengan hal itu BKM Maju Makmur meyarankan agar kelompok yang ikut Pelatihan nantinya ikut mengajukan permodalan di UPK BKM untuk membuka jasa catering, disamping itu dalam pelatihan ini juga diberikan Hibah Peralatan Catering melalui BLM PNPM/APBD tahap 3.[rifqi/sekret].



BKM Menyerahkan BLM PNPM-MP th.3 kepada KSM Sukses Makmur
Peserta Pelatihan Mengikuti kegiatan

PJOK Kecamatan Pleret dan Ekbang Desa Pleret membuka kegiatan Pelatihan

Bantuan Peralatan Catering untuk Pelatihan dan Kegiatan Usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar