Selamat Datang

Sugeng Rawuh Wonten Ing Blog BKM Maju Makmur Desa Pleret.....!!!!! Maturnuwun Sampun Kerso Pinarak..... CP.BKM = (0274) 664-2614

PELATIHAN DASAR LAS

Penyampaian Teori Las dasar oleh Instruktur BLK Bantul Bapak Sihono Kakung kepada peserta pelatihan

Peserta Pelatihan memperhatikan contoh praktek las karbit

Praktek Las listrik juga diperagakan dalam pelatihan las dasar di komplek bale desa pleret

Peserta Pelatihan Las dasar melaksanakan praktek membuat teralis jendela  dan meja serbaguna


Berangkat dari keprihatinan dan niat yang kuat untuk meningkatkan kapasitas warga miskin, khususnya kawan-kawan yang belum berkesempatan mendapatkan haknya (Hak untuk Mendapatkan Pekerjaan)Pengurus BKM Maju Makmur Desa Pleret Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul mengadakan Pelatihan Las Dasar yang dilaksanakan Oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Karya Mandiri dan difasilitasi dengan Dana Alokasi Sosial BLM PNPM-MP, kegiatan ini merupakan bagian dari PJM Pronangkis yang terdapat dalam Rencana Tahun 2011.

Pelatihan Las ini dipilih karena sesuai dengan kondisi wilayah, yaitu sebagai kawasan Perdagangan Barang Bekas dan Onderdil Motor Bekas. Kami berharap selesai pelatihan, peserta memiliki sedikit keterampilan tentang pengelasan listrik maupun Karbit, yang nantinya dapat digunakan untuk bekerja di bengkel las maupun untuk merintis usaha mandiri.  

Peserta pelatihan berjumlah 22 warga yang diambilkan dari daftar PS 2 PJM Pronangkis Desa Pleret, yang terdiri dari: 2 orang perwakilan dari setiap Pedukuhan di Desa Pleret. Waktu pelatihan selama 4 Hari. Adapun materinya antara lain: Praktek Las, Pengukuran, Gambar Teknik, Pemotongan Bahan, dan Kewirausahaan dengan perbandingan75% praktek dan 25% teori, sedangkan instruktur di ambil dari BLK Bantul yang juga sebagai Koordinator BKM Sri Hardono yaitu Bapak Sihono Kakung.
Dalam kesempatan ini bapak sihono kakung juga menyampaikan bahwa pelatihan las jangan cuma sampai di tingkat dasar saja, tetapi agar dilanjutkan di BLK dengan membuat kelompok sebanyak 15 orang dan mengajukan proposal di BLK agar keterampilan Las bisa lebih mahir lagi.

Nama Program: PNPM-MP alokasi Sosial - Pelatihan Dasar Las
Pelaksana Program: KSM Karya Mandiri 
Durasi:4 Hari
Mulai: 14 Desember 2011,  Selesai: 17 Desember 2011
Jumlah Peserta: 22 orang
Tempat: Bale Desa Pleret
Total Anggaran: Rp.   6.700.000,-
Sumber Dana: BLM PNPM-MP Tahun 2011 

1 komentar: