Selamat Datang

Sugeng Rawuh Wonten Ing Blog BKM Maju Makmur Desa Pleret.....!!!!! Maturnuwun Sampun Kerso Pinarak..... CP.BKM = (0274) 664-2614

Laporan RWT







PROFIL BKM "MAJU MAKMUR" DESA PLERET
TAHUN 2011

1.
Nama
BKM "MAJU MAKMUR"
2.
Berdiri
Kamis, 23 Desember 1999 di Kantor Balai Desa Pleret.
3.
Alamat Kantor
Kompleks Bale Desa Pleret Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul D.I.Yogyakarta 55791
4.
Lokasi
Desa Pleret Kecamatan Pleret Kab. Bantul Propinsi DIY.
5.
Akte Notaris
Pendirian
Nomor 21, Tanggal : 14 Maret 2000
Oleh : Tri Diyani Kelasworo Djati, SH.
6.
Akte Notaris Perubahan Terakhir
Nomor 26, Tanggal : 19 April 2011
Oleh : Hj. Puji Astuti, SH.
7.
Website/Blog
www.bkmmajumakmur.blogspot.com
8.
Penanggung Jawab
Ahmad Sudarmi, S.Pd. HP. 081578503175
9.
Legalitas Kelembagaan
1.      Akte Notaris
2.      Domisili
3.      Rekening Bank
4.      Audit Keuangan
5.      Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga
6.      Peraturan - peraturan khusus
7.      RWT (Rembug Warga Tahunan)
8.      Pemilu BKM
10.
Kegiatan Kelembagaan
1.      Rapat Rutin
2.      Rapat Insidentil
3.      Rapat Khusus
4.      Rapat Unit / Bidang
5.      Rapat Tahunan
6.      Kegiatan Penerimaan Angsuran dan Pengguliran
7.      Diskusi Kelompok KSM
8.      Kunjungan KSM
9.      Pelatihan-pelatihan
11.
Program Kerja
1.      Program Kerja Tahunan
2.      Pembuatan RAPB
3.      Laporan Tahunan
4.      Review Partisipatif
5.      Pembenahan dibidang organisasi, administrasi & keuangan
6.      Penataan Asset dan Omset
7.      Pembentukan dan Pembinaan KSM Binaan
8.      Pembentukan KSM PNPM-MP dan PLP-BK
9.      Pendampingan kegiatan PLP-BK.
10.  Pendampingan kegiatan Paket.
11.  Kerjasama dengan lembaga-lembaga lain.
12.  Kerjasama dengan Pemerintah Desa merenovasi Kantor BKM
12.
Wilayah Kerja
1.      11 Pedukuhan ( 26 RW, 79 RT )
2.      Melayani KSM Ekonomi, Sosial, Lingkungan dan PLP-BK



BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT (BKM) “ MAJU MAKMUR “
DESA PLERET KEC. PLERET KAB. BANTUL D.I. YOGYAKARTA
TUTUP BUKU TAHUN 2011


BAB I
PENDAHULUAN
Puji syukur selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT. atas segala limpahan Rahmat, Nikmat dan Karunia-Nya, sehingga kita selalu dalam lindungan dan Ridlo-Nya.
Sholawat serta salam semoga selalu dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. para keluarga, para sahabat dan para pengikutnya termasuk kita semua. Amin.
Bersama ini dilaporkan sekilas tentang BKM “Maju Makmur” Desa Pleret.

I.           SEJARAH BERDIRINYA BKM "MAJU MAKMUR" DESA PLERET.
1.  Sesuai dengan hasil musyawarah dan mufakat dalam rapat yang dihadiri oleh : PJOK Kecamatan Pleret, Kepala Desa Pleret beserta perangkatnya, Pengurus LKMD Desa Pleret, Tokoh Masyarakat Desa Pleret dan Fasilitator Kelurahan (Faskel), pada hari : Kamis, Tanggal : 23 Desember 1999 di Kantor Balai Desa Pleret telah terbentuk Lembaga / Perkumpulan Badan Keswadayaan Masyarakat dengan nama BKM "MAJU MAKMUR" DESA PLERET.

2.  Akte Notaris, Nomor : 21 Tanggal : 14 Maret 2000
Dibuat oleh     : TRI DIYANI KELASWORO DJATI, SH.
Alamat                        : Jalan Raya bantul, KM 9,9 Melikan Lor, Bantul Yogyakarta.
3.  Kantor sekretariat BKM “Maju Makmur” Desa Pleret terletak di komplek Bale Desa Pleret Kecamatan Pleret (Sebelah barat Pendopo kantor Balai Desa Pleret).

II.           MODAL AWAL BKM “MAJU MAKMUR” DESA PLERET

1.      BKM "Maju Makmur” Desa Pleret telah mendapatkan bantuan hibah melalui P2KP sebesar Rp. 250.000.000,00 (Dua ratus lima puluh juta rupiah) dengan tahapan penerimaan sebagai berikut :
1.      Bulan April tahun 2000 (tahap I) menerima = Rp. 100.000.000,00
2.      Bulan September tahun 2000 (tahap II) menerima = Rp. 100.000.000,00
3.      Bulan Januari tahun 2001 (tahap III) menerima = Rp. 50.000.000,00
2.      Penggunaan Bantuan :
1.  Usaha Ekonomi Produktif sebesar             = Rp. 199.967.000,00
2.  Sarana Fisik                                                = Rp.   40.441.000,00
3.  Biaya Operasional Faskel                           = Rp.     4.746.000,00
4.  Biaya Operasional BKM                            = Rp.     4.846.000,00

3.      Penerima Bantuan Sarana Fisik adalah :
1.      Dusun Gunungan
2.      Dusun Trayeman
3.      Dusun Kauman
4.      Dusun Gunungkelir
5.      Dusun Kedaton
6.      Dusun Keputren

4.      Pemberian pinjaman ke KSM sampai dengan bulan Desember 2011 adalah sebanyak Rp. ____________________ dan yang memanfaatkan dana P2KP sampai Desember 2011 ada ................... KSM ( ........ KK ).




BAB II
MATERI HASIL REVIEW PARTISIPATIF

A.    Review Kelembagaan
1.       Sosialisasi Rencana Pelaksanaan Review Kelembagaan
Sasaran dari adanya review kelembagaan ini agar masyarakat memahami bahwa BKM adalah sebagai wadah bersinergi yang representatif, mengakar dan dapat dipercaya oleh pihak luar dalam penanggulangan kemiskinan. Disamping itu juga diharapkan masyarakat sadar bahwa kelembagaan BKM agar dapat berkembang baik, memiliki kinerja seperti yang diharapkan masyarakat, perlu adanya review (kajian) kembali.
Adapun pelaksanaan sosialisasi dan pembentukan tim/panitia review kelembagaan di Desa Pleret telah dilaksanakan pada :
                Hari/Tanggal                       : Sabtu  / 5 Nopember 2011
                Tempat                                                : Kantor BKM Maju Makmur Desa Pleret
                Unsur Peserta                   : Koordinator BKM, Lembaga Desa,
  Relawan, Anggota BKM, Unit-unit
  Pelaksana, Sekretariat,  dan Faskel
Hasil yang diperoleh dari sosialisasi yang dilakukan oleh tim fasilitator kelurahan PNPM Mandiri Perkotaan adalah :
1.       Masyarakat paham tentang kedudukan BKM sebagai lembaga masyarakat di tingkat desa yang merupakan lembaga representatif dari masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan.
2.       Masyarakat dan BKM paham pentingnya review Kelembagaan sebagai bagian dari penguatan pelaku PNPM Mandiri sekaligus sebagai wahana mengkaji kembali bagaimana kinerja BKM dalam menjalankan peran dan fungsinya.
3.       Anggota BKM tumbuh semangat dalam penguatan peran mereka sebagai pimpinan kolektif dan menjalankan agenda tri daya (Fisik, Sosial dan Ekonomi) berdasarkan PJM Pronangkis.
4.       Adanya komitmen bersama antara unsur masyarakat (Desa, tokoh masyarakat, relawan, dan BKM) untuk mendukung BKMdalam pengentasan kemiskinan.
5.       Masyarakat paham dan mampu melakukan review secara partisipatif untuk ketiga bidang kegiatan BKM.
6.       Adanya kesepakatan pembentukan tim Review Partisipatif untuk 3 agenda review yaitu Review Program/PJM, Review Kelembagaan dan Review Keuangan.
2.       Pembentukan Tim Review Kelembagaan
Pada saat sosialisasi juga langsung ditindaklanjuti dengan Pembentukan Tim Review Kelembagaan. Adapun Tim/Panitia  review kelembagaan BKM Maju Makmur Desa Pleret yang telah ditunjuk adalah sebagai berikut :
Susunan Panitia/Tim Review Kelembagaan
BKM Maju Makmur Desa Pleret

NO
NAMA
JABATAN
L/P
UNSUR
ALAMAT
1
AGUS SUPARMAN, S.Pd
Ketua
L
BKM
Bedukan
2
TADHORUNGIN
Anggota
L
LPMD
Bedukan
3
BINTAR S
Anggota
L
Desa
Karet
4
PONIYEM
Anggota
P
PKK
Gunungan
5
MARWANTO, SE
Anggota
L
Relawan
Karet

3.       Penyepakatan Penyusunan Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) Tim Review Kelembagaan.
Setelah Tim review kelembagaan terbentuk, maka tim review kelembagaan sepakat membuat rencana kerja tindak lanjut (RKTL) dengan keputusan sebagai berikut :
No
Kegiatan
Tujuan
Pelaksana/ Penanggungjawab
Peserta
Tempat
Waktu
1
Coaching Tim Review
Pemahaman kegiatan
Faskel
5 Orang
BKM
  5-12-2011
2
Penyiapan Bahan dan Form Review
Persiapan Pelaksanaan
Tim Review
5 Orang
BKM
  7-12-2011
3
Review Kelembagaan Tingkat Basis
Penjaringan Aspirasi
Tim Review
35 orang x
11 pedukuhan
Dukuh Setempat
  8-12-2011
4
Analisis Hasil Review
Menganalisa Hasil Review
Tim Review
5 Orang
BKM
19-12-2011
5
Penyusunan Laporan
Pelaporan
Tim Review
5 Orang
BKM
21 s.d. 23
Des 2011
6
Lokakarya
Pemaparan Hasil Review
BKM
50 Orang
Bale Desa
23-12-2011

4.       Coaching Tim Review Kelembagaan
Untuk memahamkan kepada tim review tentang alur dan tahapan pelaksanaan review kelembagaan, maka perlu adanya pembekalan (coaching) untuk tim review yang diberikan oleh tim fasilitator PNPM Mandiri. Coaching ini telah dilaksanakan pada :
                Hari / Tanggal                     : Senin / 5 Desember 2011
                Jam                                        : 15.30 WIB
                Tempat                                                : Kantor BKM Maju Makmur Desa Pleret

5.       Pelaksanaan Review Kelembagaan
Setelah adanya pembentukan panitia/tim review dan dilanjutkan dengan pembekalan (coaching), maka tim review segera membuat angket pertanyaan untuk pelaksanaan review di tingkat pedukuhan/basis dalam rangka penyerapan aspirasi dan harapan masyarakat terhadap BKM.
Penyerapan aspirasi dan harapan masyarakat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kritis yang berkaitan dengan kelembagaan BKM Maju Makmur.

Dari hasil review di tingkat pedukuhan dan penjaringan aspirasi masyarakat pada saat kegiatan Review kelembagaan banyak sekali harapan dan sekaligus dukungan masyarakat terhadap BKM. Hampir semua elemen masyarakat ditingkat basis sampai pemerintah desa telah mengetahui keberadaan BKM beserta program kegiatannya. Masyarakat telah banyak merasakan manfaat dari program-program BKM yang sudah dijalankan apakah berupa pembangunan prasarana fisik, pembekalan dan pelatihan bagi usaha kecil menengah, beasiswa dan santunan anak warga miskin sampai dengan kegiatan pinjaman bergulir yang selama ini telah berjalan baik di desa pleret.
Disamping melakukan penjaringan aspirasi pada berbagai event, tim review juga melakukan kajian terhadap kelembagaan BKM yaitu pada :
                Hari / Tanggal                     : Jum’at / 16 Desember 2011.
                Jam                                        : 20.00 WIB s.d. selesai.
                Tempat                                                : Kantor BKM Maju makmur

6.       Lokakarya Akhir Tingkat Desa Hasil Review Kelembagaan
Lokakarya dalam rangka penyepakatan hasil review kelembagaan telah dilakukan oleh BKM Maju Makmur Desa Pleret dengan melaksanakan Rembug Warga Tahunan bersamaan dengan Review PJM dan Review Keuangan dilaksanakan pada :
                Hari / Tanggal                     : Jum’at / 23 Desember 2011
                Tempat                                                : Pendopo Bale Desa Pleret.
                Jam                                        : 13.00 WIB s.d. Selesai
                Hasil                                       : Peserta menyepakati hasil review Kelembagaan BKM
  Maju Makmur tahun 2011.



7.       Analisis Pelaksanaan Review Kelembagaan
Review kelembagaan telah dilaksanakan melalui beberapa tahap dari tingkat sosialisasi, pembentukan tim review, pelaksanaan coaching tim, realisasi pelaksanaan review sampai dengan lokakarya tingkat desa. Tim review terdiri dari 5 orang dari berbagai unsur yaitu Tokoh Masyarakat, unsur Relawan, unsur Desa dan unsur BKM. Proses pelaksanaan diawali dengan sosialisasi dan pembentukan tim review pada tanggal 5 Nopember 2011 sampai dengan tahapan lokakarya tingkat desa yang dilaksanakan tanggal 23 Desember 2011.
Berdasarkan tanggapan dan aspirasi serta harapan masyarakat desa pleret dapat disimpulkan sebagai berikut :

KELEMBAGAAN BKM
a.       BKM “MAJU MAKMUR” DESA PLERET SUATU LEMBAGA KEMASYARAKATAN TINGKAT DESA PLERET DILUAR STRUKTUR PEMERINTAH DESA PLERET.
b.      BKM “MAJU MAKMUR” DESA PLERET MEMPUNYAI HUBUNGAN YANG SANGAT BAIK DAN STRATEGIS DENGAN PEMERINTAH DESA TERUTAMA DALAM RANGKA PENGENTASAN KEMISKINAN/MENGURANGI TINGKAT KEMISKINAN.
c.       DALAM KELEMBAGAAN BKM “MAJU MAKMUR” MERUPAKAN KELEMBAGAAN YANG SANGAT KUAT KARENA :
·         Didirikan dengan AKTA NOTARIS, Nomor 21, Tanggal 14 Maret 2000 oleh : Tri Diyani Kelasworo Djati, SH.
·         Mempunyai kepengurusan yang solid dengan mencerminkan keterwakilan dari tiap-tiap pedukuhan se-Desa Pleret.
·         Dibidang Keuangan setiap tahun di Audit oleh Auditor Independen dengan hasil wajar tanpa catatan.
·         Setiap tahun diadakan RWT ( Rembug Warga Tahunan ) yang dihadiri oleh Bapeda, Camat (PJOK) Lurah, Perangkat Desa, Dukuh, Lembaga Desa, BKM, KSM, Relawan dan Tokoh Masyarakat lainnya, sebagai wujud Pertanggungjawaban kinerja BKM selama satu tahun.
·         Lembaga BKM juga didukung oleh legalitas kelembagaan seperti :
(1).  Akte Notaris
(2).  Domisili
(3).  Rekening Bank
(4).  Audit Keuangan
(5).  AD/ART
(6).  Peraturan-peraturan khusus
(7).  RWT/Rembug Warga Tahunan
(8).  Channeling dengan Instansi lain.
·         Demi untuk memajukan BKM, BKM Maju Makmur selalu menerima saran, kritik dan masukan dari siapapun lewat kotak saran.
·         Salah satu cara untuk memajukan BKM setiap tahun diadakan review partisipatif, yaitu :
(1).  Review kelembagaan
(2).  Review Program/PJM Pronangkis
(3).  Review Keuangan

HASIL JAJAK PENDAPAT
1)      Sebagian besar masyarakat mengetahui informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh BKM, terutama informasi keuangan yang ditempelkan di papan informasi BKM yang tersebar samapi tingkat pedukuhan ( 13 titik papan informasi ) dan dari informasi anggota BKM / Unit – unit Pengelola di wilayah pedukuhan setempat.
2)      Masyarakat juga mengetahui informasi kegiatan lingkungan, kegiatan ekonomi dan kegiatan sosial yang dilaksanakan BKM Maju Makmur.
3)      Pertemuan BKM dengan warga dan tokoh masyarakat sering dilakukan apabila BKM mengadakan sosialisasi tentang program-program yang akan dilaksanakan di masyarakat.
Dalam kegiatan review dan RWT BKM juga selalu melibatkan masyarakat.
4)      Sasaran / pemanfaat dari kegiatan yang telah dilaksanakan BKM tepat sasaran dan mengacu pada data PS 2.
5)      Masyarakat mengetahui pemanfaat sudah sesuai dengan PS 2 dari informasi dan sosialisasi BKM Maju Makmur.
6)      Apabila ada permasalahan tentang kemiskinan, masyarakat belum mengadukan permasalahannya kepada BKM, namun lewat tokoh masyarakat permasalahan warga masyarakat disampaikan di usulan program dalam kegiatan review partisipatif.
7)      Penyusunan program dan penyusunan data PS 2 selalu melibatkan masyarakat.
8)      Masyarakat sering terlibat dalam kegiatan-kegiatan penanggulangan kemiskinan yang difasilitasi oleh BKM, contohnya : menjadi pengurus KSM dan berperan aktif dalam review partisipatif.
9)      Keterlibatan warga dalam kegiatan penanggulangan kemiskinan adalah pemikiran, tenaga, dan swadaya masyarakat untuk merealisasikan program yang ada.
10)   Di masyarakat masih banyak relawan yang sering membantu kegiatan penanggulangan kemiskinan yang difasilitasi BKM, buktinya kehadiran dan keaktifan warga dalam review, sosialisasi kegiatan BKM, dan kegiatan lainnya.

ASPIRASI/SARAN/TANGGAPAN MASYARAKAT
1)      Laporan keuangan mohon diperbanyak dengan penambahan papan informasi, khususnya beberapa pedukuhan yang terbagi  dalam beberapa dusun.
2)      Informasi apa saja yang harus diketahui oleh masyarakat, agar disampaikan lewat papan informasi tersebut.
3)      RWT melibatkan masyarakat juga, mohon diperbanyak pertemuan warga masyarakat dengan BKM.
4)      Masyarakat mendukung program BKM dan mohon sosialisasi program BKM lebih diefektifkan dan secara transparan.
5)      Masyarakat mengetahui pemanfaat program BKM dari keluarga miskin, namun perlu penjelasan dan sosialisasi dari BKM.
6)      Bila ada Permasalahan di masyarakat BKM perlu turun tangan dan menunjuk salah satu personal untuk dapat dijadikan penyalur aspirasi masyarakat, juga perlu penambahan kegiatan BKM turun ke pedukuhan.
7)      BKM dalam menyusun program senantiasa melibatkan masyarakat.
8)      Masyarakat sudah terlibat namun perlu pengarahan dan bimbingan BKM Maju Makmur.
9)      Masyarakat turut terlibat, karena sebagai perencana, pelaksana dan penanggung jawab kegiatan di masyarakat serta pengawas kegiatan.
10)    Di masyarakat masih banyak relawan, namun perlu diberi pengarahan dan di fasilitasi.


8.   REKOMENDASI TIM REVIEW KELEMBAGAAN

Berdasarkan rangkuman dari hasil review kelembagaan dalam penyerapan harapan dan aspirasi masyarakat desa pleret. Tim review memberikan rekomendasi sebagai berikut :
1)      Kegiatan- kegiatan BKM perlu disosialisasikan sampai tingkat RT-RT/Dusun.
2)      Masyarakat perlu diikutsertakan lebih intensif dalam penyusunan program-program BKM.
3)      BKM perlu punya data yang falid tentang warga miskin.
4)      Pembangunan agar memperhatikan skala prioritas.
5)      BKM tetap mempertahankan kinerjanya terutama untuk kegiatan pinjaman bergulir yang dikelola Unit Pengelola Keuangan (UPK).
6)      Informasi kegiatan-kegiatan BKM supaya di tempel di papan-papan pengumuman terutama laporan keuangan dan kegiatan-kegiatan BLM.
7)      Dimohon agar para relawan diperhatikan dan difasilitasi.
8)      Agar hubungan antara BKM dengan Pemerintah Desa lebih sinergis.
9)      Agar diutamakan pembangunan fisik, pertanian, peternakan dan sosial.
10)   Penerima bantuan agar disurvei sehingga bantuan tepat sasaran.
11)   Perlunya monitoring dan evaluasi yang rutin terhadap kegiatan BLM yang ada di masyarakat.
12)   Agar BKM memaksimalkan Tugas fungsi pokoknya di masyarakat.




B.     Review Program/PJM.
1.       Sosialisasi Rencana Pelaksanaan Review Program/PJM
Review program merupakan penguatan BKM dalam mengkaji ulang kegiatan dan rencana program (PJM Pronangkis) yang telah disusun oleh BKM. Untuk pemahaman bersama tentang pentingnya review program, perlu adanya sosialisasi ditingkat Desa/BKM. Adapun pelaksanaan sosialisasi dilaksanakan pada :
                Hari/Tanggal                       : Sabtu / 5 Nopember 2011
                Tempat                                                : Kantor BKM Maju Makmur Desa Pleret
Hasil yang diperoleh dari sosialisasi yang dilakukan oleh tim fasilitator kelurahan PNPM Mandiri Perkotaan adalah :
1)      Masyarakat dan BKM mengetahui tentang PJM Pronangkis yang merupakan rencana program kegiatan BKM dalam rangka penanggulangan kemiskinan.
2)      Masyarakat dan BKM paham pentingnya review program/PJM sebagai penguatan pelaku PNPM Mandiri dan merupakan bagian dari tahapan program pembangunan yang perlu dilaksanakan atas dasar kebutuhan bersama.
3)      Anggota BKM tumbuh semangat dalam penguatan peran mereka sebagai pimpinan kolektif dan menjalankan agenda tri daya (Fisik, Sosial dan Ekonomi) berdasarkan PJM Pronangkis.
4)      Adanya komitmen bersama antara unsur masyarakat (Desa, tokoh masyarakat, relawan, dan BKM) untuk merumuskan PJM yang lebih baik sesuai kebutuhan riil di tingkat masyarakat.
5)      Masyarakat paham dan mampu melakukan review secara partisipatif untuk ketiga bidang kegiatan BKM.
6)      Adanya kesepakatan pembentukan tim Review Partisipatif untuk 3 agenda review yaitu Review Program/PJM, Review Kelembagaan dan Review Keuangan.
               
2.       Pembentukan Tim Review Program
Adanya kebutuhan pembentukan tim review partisipatif yang segera akan melaksanakan review, maka disepakati segera dibentuk Tim Panitia Review, pada :
Hari/Tanggal       : Sabtu / 5 Nopember 2011
Tempat                                : Kantor BKM Maju Makmur Desa Pleret
Keputusan Rapat Pembentukan Tim Review telah diputuskan bersama bahwa tim review Program/PJM BKM Maju Makmur Desa Pleret Kecamatan Pleret adalah sebagai berikut :



Susunan Panitia/Tim Review Program/PJM
BKM Maju Makmur Desa Pleret
NO
NAMA
JABATAN
L/P
UNSUR
ALAMAT
1
Drs. Mardi Widodo
Ketua
L
BKM
Gunungkelir
2
Drs. Suhadi
Anggota
L
BKM
Gunungkelir
3
Sigit Yuwono
Anggota
L
T. Masy
Trayeman
4
Yuono Purwanto
Anggota
L
Relawan
Gunungan
5
Sutarno
Anggota
L
UPS
Kerto
6
Istinah
Anggota
P
PKK
Kanggotan
7
Hj. Yul Partiningsih
Anggota
P
PKK
Trayeman
8
Suparmi
Anggota
P
Relawan
Kauman
9
H. Hamam, B.Sc
Anggota
L
Pamong
Kauman
10
Anang Jatmiko
Anggota
L
Pamong
Trayeman
11
Ahmad Sudarmi, S.Pd.
Anggota
L
BKM
Karet

3.       Penyepakatan Penyusunan Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) Tim Review Program.
Setelah sosialisasi, maka tim review program sepakat membuat rencana kerja tindak lanjut (RKTL) dengan keputusan sebagai berikut :
No
Kegiatan
Tanggal sd ......
Tempat
Media / Alat bantu
1
Sosialisasi dan pembentukan Tim Review PJM Pronangkis
5 Nop 2011
Kantor BKM
Modul, ATK, LCD
2
Pembekalan dari faskel kepada Tim Review PJM Pronangkis
5 Des 2011
Kantor BKM
Modul dan form yang akan di kerjakan
3
Pelaksanaan
8 s.d 12
Des 2011
Pedukuhan
Cek list, Form, ATK
4
Analisis hasil review
18 Des 2011
Kantor BKM
Cek list, ATK
5
Penyusunan Laporan
20 Des 2011
Kantor BKM
Laptop, LCD, ATK
6
Lokakarya hasil review
23 Des 2011
Balai Desa
FC hasil kajian

4.       Coaching Tim Review Program
Untuk menyamakan pengertian dan pemahaman tentang review Partisipatif khususnya review program, maka perlu adanya pembekalan (coaching) untuk tim review yang diberikan oleh tim fasilitator PNPM Mandiri Perkotaan.
Untuk pembekalan/Coaching ini telah dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal                     : Senin / 5 Desember 2011
Jam                                        : 15.30 WIB
Tempat                                                : Kantor BKM Maju Makmur Desa Pleret

5.       Rangkaian Pelaksanaan Review Program/PJM
Pada tahap pelaksanaan review, tim review mengkaji ulang terhadap PJM Pronangkis yang sudah ada agar dapat disesuaikan dengan kondisi riil saat ini.
a.       Pemahaman/Refleksi terhadap PJM.
Pada tahapan ini Tim melakukan kaji ulang dan pemahaman bersama tentang pentingnya PJM Pronangkis sebagai upaya BKM dalam pengentasan kemiskinan khususnya di Desa Pleret. Tim melihat kembali bagaimana proses penyusunan dan keterlibatan masyarakat dalam menyusun PJM.
b.      Kajian ulang tentang Analisis Permasalahan
Pada tahapan review permasalahan dan potensi wilayah tim review melihat beberapa bidang kajian yaitu :
1)      Profil Desa, baik secara geografis yang menggambarkan luas desa dan kondisi alam maupun faktor demografis yang menggambarkan tentang kependudukan, jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin, jumlah penduduk miskin.
2)      Kaji ulang tentang Potensi dan Permasalahan, hal ini untuk melihat ketepatan sasaran dalam pronangkis. Ada beberapa hal yang dipelajari antara lain :
-          Peta sebaran kemiskinan Desa Pleret.
-          Peta sebaran sumberdaya, baik sumber daya alam maupun manusia.
-          Peta permasalahan Desa Pleret.
-          Peta potensi dan peluang yang dimiliki desa.
c.       Kajian ulang tentang Rencana Pronangkis dalam PJM.
Pada tahap ini adalah mengkaji paling tidak adanya 4 jenis rencana pronangkis yaitu :
1)      Perbaikan sarana prasarana fisik dan perumahan
2)      Pemberdayaan Ekonomi
3)      Pemberdayaan sosial
4)      Peningkatan kualitas sumber daya manusia
d.      Kajian ulang tentang daftar warga miskin dalam PS-2
Bekerja sama dengan relawan di tingkat pedukuhan dan RT, tim melakukan kajian ulang terhadap jumlah dan data warga miskin desa pleret, apakah data dan jumlah KK miskin yang tertera dalam PS-2 BKM masih sesuai dengan kondisi riil di masyarakat dan sesuai pula dengan kriteria kemiskinan yang ditetapkan. Hasil dari kajian ini akan menjadi masukan bagi BKM untuk membuat daftar PS-2 yang baru.
e.      Membuat rekomendasi untuk pembenahan PJM.
Hasil dari beberapa kajian, tentunya memperoleh temuan dan kondisi yang perlu diadakan pembenahan, oleh karena itu tim review membuat rekomendasi bagi BKM dan unit-unit pengelolanya sebagai upaya pembenahan PJM pronangkisnya. Beberapa rekomendasi yang dibuat diantaranya adalah sebagai berikut :
1)      Pada dasarnya sebagian beasr program yang ada dalam PJM sudah sesuai dengan kondisi riil masyarakat, hanya perlu adanya prioritas kegiatan yang lebih detail lagi dan ada sedikit pergeseran lokasi kegiatan dengan melibatkan pihak desa maupun dukuh sebagai pihak yang lebih memahami tentang kondisi wilayah.
2)      Perlu adanya tim pendataan kembali jumlah dan data KK miskin agar lebih sesuai dengan kriteria dan kondisi riil di masyarakat.
3)      PJM Pronangkis perlu dibuat dengan paket PJM yang lebih menarik, dalam upaya untuk bermitra/bekerjasama dengan pihak lain, baik dari pemerintah maupun swasta.

6.       Pelaksanaan Lokakarya Hasil Review Program Tingkat Desa
Hasil dari review program akan dilokakaryakan di tingkat desa untuk menjadi kesepakatan bersama. Dalam tahap ini lurah sebagai penguasa wilayah mengundang beberapa unsur masyarakat untuk mengkaji bersama dan melakukan penyepakatan terhadap PJM Pronangkis yang disusun oleh BKM berdasarkan hasil review program/PJM. Hal-hal yang belum muncul, apakah itu berkaitan dengan program maupun alternative pemecahan masalahnya akan menjadi masukan demi sempurnanya PJM Pronangkis.
Lokakarya dilaksanakan pada :
                Hari / Tanggal     : Jum’at / 23 Desember 2011.
                Tempat                                : Pendopo Desa Pleret
                Jam                        : 13.00  s.d. 16.00  WIB.
                Hasil                       : Peserta menyepakati hasil review PJM tahun 2011
   yang telah dilakukan oleh tim review.

7.       ANALISIS PELAKSANAAN REVIEW PROGRAM
Review program / PJM telah dilaksanakan melalui beberapa tahap dari tingkat sosialisasi, pembentukan tim review, pelaksanaan coaching tim, realisasi pelaksanaan review sampai dengan lokakarya tingkat desa. Tim review terdiri dari 11 orang dari berbagai unsur yaitu Pemerintah Desa, unsur Relawan, PKK, Tokoh Masyarakat dan unsur BKM. Proses pelaksanaan diawali dengan sosialisasi dan pembentukan tim review pada tanggal 5 Nopember 2011 sampai dengan tahapan lokakarya tingkat desa yang dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 23 Desember 2011.
Pada pelaksanaan review, tim review program lebih menekankan pada melakukan pengkajian dan evaluasi kembali terhadap program-program pronangkis yang tersusun dalam PJM BKM. Program BKM tercakup menyeluruh dari hasil pemetaan di desa kemudian disusun dalam bentuk Rencana Tahunan. Terdapat beberapa bagian/item yang dikaji ulang yaitu terkait dengan profil desa, profil penduduk, sampai dengan sebaran peta permasalahan, baik itu tentang kemiskinan (warga miskin), potensi sumber daya manusia, peta masalah dan peta potensi desa pleret.


A.    Pemaparan Review Keuangan







BAB III
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN BKM

A.       Laporan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) BKM Maju Makmur
I.       Pelaksanaan Kegiatan Paket ( Tahun 2008 s.d. 2011 )
1). Paket Tahun Anggaran 2007 (Paket Tahap I).
a.       Panitia Kemitraan (Pakem) Fisik.
Nama Pakem         : Desa Pleret 2
Nama BKM          : Maju Makmur
Kegiatan                : Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT).
Lokasi                   : Dusun Keputren
Realisasi                : 100 %
Volume                 : 372 M.
Sumber Pendanaan           :
1.      Dana Paket (50%)                               = Rp. 30.000.000,-
2.      Dana Dinas/APBD                             = Rp. 15.125.000,-
3.      Swadaya BKM & Masyarakat            = Rp. 14.973.750,-
Jumlah                                               = Rp. 60.098.750,-

b.      Panitia Kemitraan (Pakem) Sosial.
Nama Pakem         : Remboko
Nama BKM          : Maju Makmur
Kegiatan                : Pemberdayaan Peternak Kambing/Domba.
Lokasi                   : Desa Pleret.
Realisasi                : 100 %
Volume                 : 165 Ekor.
Sumber Pendanaan           :
1.      Dana Paket (50%)                               = Rp.   50.000.000,-
2.      Dana Dinas/APBD                             = Rp.   32.500.000,-
3.      Swadaya BKM & Masyarakat            = Rp.   27.625.000,-
Jumlah                                               = Rp. 110.125.000,-
2). Paket Tahun Anggaran 2008 (Paket Tahap II).
a.       Panitia Kemitraan (Pakem) Fisik.
Nama Pakem             : Pleret Jaya
Nama BKM               : Maju Makmur
Kegiatan                    : Perkerasan jalan dengan CorBlock/Rabat Beton
Lokasi                        : Dusun Bedukan
Realisasi                     : 100 %
Volume                      : 112 M².
Sumber Pendanaan    :
1.      Dana Paket (50%)                               = Rp. 15.000.000,-
2.      Dana Dinas/APBD                             = Rp.   7.500.000,-
3.      Swadaya BKM & Masyarakat            = Rp. 10.072,500,-  
Jumlah                                               = Rp. 32.572.500,-

b.      Panitia Kemitraan (Pakem) Sosial.
Nama Pakem         : Pleret Mandiri
Nama BKM          : Maju Makmur
Kegiatan                : Pemberdayaan Peternak Kambing/Domba.
Lokasi                   : Desa Pleret.
Realisasi                : 100 %
Volume                 : 115 Ekor.
Sumber Pendanaan           :
1.      Dana Paket (50%)                               = Rp.   35.000.000,-
2.      Dana Dinas/APBD                             = Rp.   22.500.000,-
3.      Swadaya BKM & Masyarakat            = Rp.   12.500.000,-
Jumlah                                               = Rp.   70.000.000,-

3). Paket Tahun 2010 (Paket Tahap III)
a.       Panitia Kemitraan (Pakem) Fisik.
Nama Pakem             : Sentono Jaya
Nama BKM               : Maju Makmur
Kegiatan                    : Perkerasan jalan dengan CorBlock/Rabat Beton
Lokasi                        : Dusun Gunungkelir
Realisasi                     : 50 %
Volume                      :         M².
Sumber Pendanaan    :
1.      Dana Paket (50%)                               = Rp. 30.000.000,-
2.      Dana Dinas/APBD (25%)                   = Rp. 15.000.000,-
3.      Swadaya Masyarakat  (25%)              = Rp. 15.000,000,- 
Jumlah                                               = Rp. 60.000.000,-


II.    PELAKSANAAN KEGIATAN DANA BLM PNPM-MP (Tahun 2008 s.d. 2011)
1). BLM PNPM-MP T.A. 2008
a.       Pelaksanaan Penggunaan Dana BLM Tahap I (30%).
No
Nama KSM
Jenis
Kegiatan
Lokasi/
Volume
Nilai Usulan Kegiatan
BLM PNPM
Swadaya
1
Pakarti
Pinjaman Bergulir (Ek)
Desa Pleret 13 orang
15.000.000
11.550.000
3.450.000
2
Tunas Melati
Pengembangan Posyandu
Desa Pleret
150 Orang
7.275.000
5.775.000
1.500.000
3
Rukun Makmur
Corblock Jalan
Kanggotan
200m x 2m
23.297.000
12.250.000
11.047.000
4
Sido Kabul
Bangket/Talud
Kauman
63 M³
15.675.000
9.675.000
6.000.000
5
Guyub Rukun
Drainase
Trayeman
110 M²
16.828.000
12.000.000
4.828.000
6
Karya Sembada
Corblock
Gunungkelir
175 m
10.742.000
6.500.000
4.242.000
7
BKM
BOP
Desa Pleret
2.250.000
2.250.000
0

TOTAL PENDANAAN
91.067.000
60.000.000
31.067.000

b.      Pelaksanaan Penggunaan Dana BLM Tahap II (50%).
No
Nama KSM
Jenis
Kegiatan
Lokasi/
Volume
Nilai Usulan Kegiatan
BLM PNPM
Swadaya
1
Bordir Group
Pinjaman Bergulir (Ek)
Kerto
5 Orang
10.000.000
10.000.000
0
2
Jago
Pinjaman Bergulir (Ek)
Kerto
7 Orang
4.200.000
4.200.000
0
3
Supoyo Maju
Pinjaman Bergulir (Ek)
Gunungkelir
5 orang
6.000.000
5.050.000
950.000
4
Tunas Melati
Pengembangan Posyandu (S)
Desa Pleret
2.100.000
2.100.000
0
5
Roudlotut Tholibin
Pengadaan APE PAUD (s)
Desa Pleret
/180
8.938.000
7.525.000
1.413.000
6
Sido Kabul
Bangket/Talud
Kauman
50 m
9.006.355
3.325.000
5.681.355
7
Karya Manunggal
Drainase
Gunungkelir
100 M
19.540.186
7.500.000
12.040.186
8
Lestari Kedaton Makmur
Drainase
Kedaton/ 130m
21.087.936
12.400.000
8.687.936
9
Karya Manunggal
Rabat Beton
Pungkuran/ 37,1 m³
17.406.150
12.250.000
5.156.150
10
Sido Dadi
Drainase dan Talud
Karet/81m
Karet/50m
16.891.603
12.350.000
4.499.803
11
Kerto Sampurno
Rabat Beton
Kerto/ 300m
18.522.000
12.000.000
6.522.000
12
Tahu Murni
Septink limbah tahu
Gunungan/ 3unit
10.550.000
7.550.000
3.000.000
13
BKM
BOP
Desa Pleret
3.750.000
3.750.000
0

TOTAL PENDANAAN
147.950.430
100.000.000
47.950.430

c.       Pelaksanaan Penggunaan Dana BLM Tahap III (20%).
No
Nama KSM
Jenis
Kegiatan
Lokasi/
Volume
Nilai Usulan Kegiatan
BLM PNPM
Swadaya
1
Bedukan Asri
Perkerasan jalan dengan Rabat Beton
Bedukan Rt.01, Rt.03
/180x3m
18.309.000
12.500.000
5.809.000
2
Manunggal
Perkerasan jalan Aspal
Keputren, /165x3m
16.232.000
12.000.000
4.232.000
3
Tahu Murni
Sumur Resapan
Gunungan Rt.1/ 1 unit
3.450.000
2.450.000
1.000.000
4
Roudlotut Tholibin
Pengadaan APE
Desa Pleret
4.725.000
3.850.000
875.000
5
Kenanga
Pinjaman Bergulir
Kanggotan/
5 orang
5.000.000
5.000.000
0
6
Sumber Urip
Pinjaman Bergulir
Kanggotan /
5 orang
2.700.000
2.700.000
0
7
BKM
BOP
Desa Pleret

1.500.000
0


TOTAL PENDANAAN

31.916.000

40.000.000

11.916.000

2). PELAKSANAAN KEGIATAN DANA BLM PNPM-MP T.A. 2009
a.   Pelaksanaan Penggunaan Dana BLM Tahap I (30%).
No
Nama KSM
Jenis
Kegiatan
Lokasi/
Volume
Nilai Usulan Kegiatan
BLM PNPM
Swadaya
1
Sido Rejo
Perkerasan jalan dengan Rabat Beton
Bedukan /
35 m³
18.228.300
12.250.000
5.978.300
2
Kedaton Makmur
Perkerasan jalan dengan Rabat Beton
Kedaton /
45,92m³
20.978.400
12.500.000
8.478.400
3
Ngudi Lestari
Perkerasan jalan dengan Rabat Beton
Gunungan /
34,65 m³
16.609.300
12.000.000
4.609.300
4
Guyub Rukun
Talud Jalan
Tambalan, trayeman/ 35m
6.604.500
3.675.000
2.929.500
5
Tunas Melati 2
Pengembangan Posyandu
Desa Pleret/
4
6.282.500
5.775.000
507.500
6
Pesat
Pinjaman Bergulir
Kanggotan/
5 orang
5.500.000
5.500.000
0
7
BKM
BOP
Desa Pleret

2.250.000
0


TOTAL PENDANAAN

81.703.000

60.000.000

23.953.000




3). PELAKSANAAN KEGIATAN DANA BLM PNPM-MP T.A. 2010

NO
KETERANGAN
BLM PNPM
BLM
SWADAYA
Kegiatan
I
Dana Masuk Tahap I (APBN)
        45.000.000



A.
Kegiatan Lingkungan

 PNPM
Swadaya


1. KSM Sentono Makmur Dk.G.Kelir Rt.10

      10.750.000
     4.922.352
Rabat Beton

2. KSM PK Jaya Dk. Karet Rt.7 dan 8

       12.500.000
      8.630.158
Rabat Beton

3. KSM Meliwis Dk. Kerto Rt.12

       12.500.000
      6.630.470
Rabat Beton
B.
BOP BKM

          2.250.000

BKM
C.
Kegiatan Ek. KSM Larasati Dk. Keputren

          7.000.000

Pinjaman Bergulir


 Jumlah Th.1
       45.000.000
    20.182.980







II
Dana Masuk Tahap II (APBN)
        45.000.000




Dana Masuk Tahap II (APBD)
        30.000.000



A.
Kegiatan Lingkungan  :

 PNPM/APBD
 Swadaya


1. KSM Ledok Sari Dk. Kanggotan

          7.125.000
      5.169.000
Talud Jalan

2. KSM Ledok Sari 2 Dk. Kanggotan

          5.375.000
      1.864.000
Rabat Beton

3. KSM Sido Kabul, Dk. Kauman

       12.500.000
      6.374.968
Talud Jalan

4. KSM manunggal Dk. Keputren

       12.000.000
      5.930.000
Aspal Jalan

5. KSM Guyub Rukun Dk. Trayeman

       10.625.000
      6.586.000
 Talud Jalan
B.
Kegiatan Sosial   :





1. KSM Tunas Melati 2

          6.475.000
      1.950.000
Posyandu

2. KSM Roudlotut Tholibin

          3.150.000
          958.000
APE PAUD
C.
Kegiatan Ekonomi  :





1. Ekonomi Bergulir (KSM Rujuk) Kerto

          8.000.000

Pinjaman Bergulir

2. Ekonomi Bergulir (KSM Daniel Makmur)

          6.000.000

Pinjaman Bergulir
D.
BOP BKM

          3.750.000

 BKM


Jumlah Th.2
       75.000.000
    28.831.968







III
Dana Masuk  Tahap III (APBN)
        30.000.000



A.
Kegiatan Lingkungan  :





1. KSM Ngudi Makmur Dk. Pungkuran

       13.000.000
    15.036.366
Gorong-gorong

2. KSM Rukun Sejahtera Dk. Bedukan

          6.650.000
      3.161.500
Rabat Beton
B.
Kegiatan Sosilal KSM Roudlotut Tholibin

          3.850.000
          358.000
APE PAUD
C.
Kegiatan Ekonomi KSM Sido Rukun

          5.000.000

Pinjaman Bergulir
D.
BOP BKM

          1.500.000

 BKM


 Jumlah Th.3
       30.000.000
    18.555.866


4). PELAKSANAAN KEGIATAN DANA BLM PNPM-MP T.A. 2011
NO
KETERANGAN
BLM PNPM
BLM
SWADAYA
Kegiatan
I
Dana Masuk Tahap I (APBN)
  60.000.000



A.
Kegiatan Lingkungan

 PNPM
Swadaya


1. KSM Kerto Maju ( Kerto )

    10.600.000
9.883.000    
Rabat Beton

2. KSM Ngudi Barokah ( Gunungan )

     10.000.000
8.961.400
Rabat Beton
3. KSM Sejahtera ( Kedaton )

       9.825.000
4.940.050
Rabat Beton
4. KSM Manunggal ( Kanoman )
9.700.000
6.095.021
Rabat Beton
B.
BOP BKM

       3.750.000
 -
BKM
C.
Kegiatan Ekonomi Bergulir

     10.500.000
 -
Pinjaman Bergulir
D.
Kegiatan Sosial KSM Pleret Sejahtera
5.625.000
2.070.000
Pelatihan Perikanan


 Jml Thp.1
       60.000.000
31.949.471







II
Dana Masuk Tahap II (APBD)
        40.000.000



A.
Kegiatan Lingkungan  :

 PNPM/APBD
 Swadaya


1. KSM Rukun Makmur ( Kanggotan )

10.000.000
8.200.000
Rabat Beton

2. KSM Dadi Lancar ( Karet )

10.000.000
5.296.000
Rabat Beton & Sumur Resapan

3. KSM Puger Mandiri Kauman

     10.200.000
10.200.000
Rabat Beton

4. KSM Bedukan Permai ( Bedukan )

9.800.000
4.383.250
Rabat Beton
Jml Thp.2
40.000.000
28.079.250
III
Dana Masuk Tahap III ( APBN )
40.000.000
A.
Kegiatan Lingkungan   :





1. KSM Manunggal ( Keputren )

10.500.000
Rabat Beton & Sumur Resapan

2. KSM Sido Mulyo/Makmur (Tambalan)

10.800.000
Aspal Jalan
3. KSM Sentana Mulya ( Gunungkelir )
10.500.000
Draenase
B.
Kegiatan Sosial  :





1. KSM Karya Mandiri

          6.700.000
 1.000.000
Pelatihan Dasar Las
D.
BOP BKM

1.500.000

 BKM


Jumlah Th.3
     40.000.000


III. Pelaksanaan Kegiatan BLM BDL - REKOMPAK JRF
1). BDL Rekompak JRF Tahun 2009
I
BLM 1  BDL JRF Tahun 2009
       250.000.000
 BLM
 SWADAYA
KEGIATAN
A.
Kegiatan Mitigasi Bencana





1. Draenase dan MCK PP.Kerto.

  195.440.000
  14.870.000
Draenase & MCK

2. Pagu Kegiatan Draenase PP.Bedukan

    47.060.000
  10.220.000
Draenase
B.
BOP BKM

       7.500.000

 BKM



  250.000.000
  25.090.000

2). BDL Rekompak JRF Tahun 2010
II
BLM 2  BDL JRF Tahun 2010
       250.000.000
 BLM
 SWADAYA
KEGIATAN
A.
Kegiatan Mitigasi Bencana





1. Pagu Parapet&Bronjong (Kanggotan)

  125.389.000
  11.310.000
Parapet&Bronjong

2. Pagu Kegiatan Draenase (Kanggotan)

  117.111.000
  41.870.000
Draenase
B.
BOP BKM

       7.500.000

 BKM



  250.000.000
  53.180.000







III
BLM 3 BDL JRF Tahun 2010
       100.000.000



A.
Kegiatan Mitigasi Bencana





1. Pagu Dana Kegiatan Draenase (Karet)

    97.000.000

Draenase
B.
BOP BKM
3.000.000
BKM
Jumlah
100.000.000









IV.  BLM PLP-BK / ND






I
Pencairan Tahap 1 Tahun 2010
       200.000.000
 BLM
 SWADAYA


Kegiatan Perencanaan, pemetaan, gaji TAPP dll

  200.000.000
 (TIPP dan TAPP)
II
Pencairan Tahap 2 Tahun 2010
       500.000.000




KSM Bangkit Mandiri ( Bedukan )

149.470.000
51.522.300 
 Draenase

 KSM Bangkit Mandiri ( Bedukan )
 243.530.000

 Kolam Pengen-dali Banjir (Embung)
Kegiatan Pemasaran, gaji TAP
100.000.000
TP Desa Pleret
DED Kegiatan Fisik BLM
7.000.000
Tim DED
II
Pencairan Tahap 3 Tahun 2011
       300.000.000



KSM Madani ( Bedukan )
190.000.000
Draenase
KSM Lestari Mulyo ( Kanggotan )
110.000.000
Penatan Pasar Klitikan
JUMLAH TOTAL DANA ND/PLP-BK
1.000.000.000
1.000.000.000



Koordinator BKM



Ahmad Sudarmi, S.Pd.
Pleret, 30 Desember 2011
Sekretariat



Rifqi Fatoni, A.Md.







B.       Laporan Kegiatan BKM Maju Makmur Desa Pleret.

1.      Rapat Pengurus Rutin
Rapat Pengurus Rutin diadakan sebulan 1 kali, yaitu setiap tanggal 5.
2.      Rapat Insidentil
Rapat pengurus BKM dan UP-UP yang sewaktu-waktu dapat dilaksanakan karena ada keperluan mendadak / mendesak (sesuai kebutuhan).
3.      Rapat Khusus BKM
Rapat Khusus Anggota BKM dan Koordinator yang dilaksanakan karena ada permasalahan khusus seperti perubahan AD/ART , Perubahan kepengurusan dan kelembagaan BKM "MAJU MAKMUR" Pembuatan peraturan khusus dan lain-lain.
4.      Rapat Unit-unit / Bidang-bidang
Rapat yang diadakan secara terpisah oleh unit-unit yaitu UPK (Unit Pengelola Keuangan), UPL (Unit Pengelola Lingkungan), dan UPS (Unit Pengelola Sosial).
5.      Rapat Tahunan / Rembug Warga Tahunan (RWT)
Rapat/ Rembug warga yang diadakan setahun sekali sebagai ajang musyawarah warga tahunan, Laporan Tahunan tutup buku, pengesahan RAPB dan Program Kerja Tahunan.
Rapat Tahunan sudah diadakan sebanyak 11 kali :
1.  Rapat Tahunan Tutup Buku 2000 diadakan, Ahad 13 Mei 2001
2.  Rapat Tahunan Tutup Buku 2001 diadakan, Ahad 31 Mei 2002
3.  Rapat Tahunan Tutup Buku 2002 diadakan, Ahad 16 Maret 2003
4.  Rapat Tahunan Tutup Buku 2003 diadakan, Ahad 07 Maret 2004
5.  Rapat Tahunan Tutup Buku 2004 diadakan, Ahad 20 Maret 2005
6.  Rapat Tahunan Tutup Buku 2005 diadakan, Ahad 26 Maret 2006
7.  Rapat Tahunan Tutup Buku 2006 diadakan, Sabtu 31 Maret 2007
8. Rembug Warga Tahunan Tutup Buku 2007 diadakan, Ahad 16 Maret 2008.
9. Rembug Warga Tahunan Tutup Buku 2008 diadakan, Ahad 15 Maret 2009.
10. Rembug Warga Tahunan Tutup Buku 2009 diadakan, Ahad 21 Maret 2010.
11. Rembug Warga Tahunan tahun 2010, diadakan Rabu 29 Desember 2010.
12. Rembug Warga Tahunan tahun 2011, diadakan, Jum’at 30 Desember 2011
6.  Penerimaan Bantuan Pinjaman Dana P2KP dan Penyalurannya
Bantuan sebesar Rp. 250.000.000,00 disalurkan ke :
1. Usaha Ekonomi Produktif sebesar                      = Rp. 199.967.000,00
2. Sarana Fisik sebesar                                            = Rp.   40.441.000,00
3. Biaya Operasional Faskel                                    = Rp.     4. 746.000,00
4. Biaya Operasional BKM sebesar                        = Rp.     4. 846.000,00



2.      Pemberian Pinjaman dan Penerimaan Angsuran
Dilaksanakan pada setiap tanggal : 10, 11, 12, 13, 14, dan 15 tiap bulan, jam 15.00 WIB s.d jam 17.00 WIB

3.      Mengadakan Piket di Kantor BKM
a.       Setiap tanggal : 10, 11, 12, 13, 14, dan 15, jam 15.00 WIB s.d 17.00 WIB.
b.      Setiap hari : Senin s.d. Jum’at Jam 09.00 WIB s.d Jam 13.00 WIB.

4.      Mengadakan Kunjungan, Pembinaan & Sosialisasi ke KSM di Dusun-Dusun 
a.       Membantu pembuatan Proposal pengajuan pinjaman.
b.      Pembinaan administrasi KSM.
c.       Memberikan penyuluhan dan sosialisasi bagi KSM baru.
d.      Mengingatkan dan memberi solusi bagi KSM bermasalah.
e.       Penjaringan bagi KSM berprestasi.
f.       Memperbanyak KSM binaan.
g.      Dan lain-lain.
5.      Membentuk dan Memberdayakan TIM Khusus yang menangani KSM Bermasalah
Mengunjungi KSM bermasalah, mencari tahu mengapa bermasalah dan mencarikan solusi (jalan keluar) agar lebih baik.
6.      Mengikuti Forum, Penataran dan Pembinaan yang diadakan oleh Instansi Terkait
a.       Mengikuti Forum Kerja sama BKM Bantul.
b.      Mengikuti Forum Kerjasama BKM PLP-BK Propinsi DIY.
c.       Mengikuti Klinik UPK, UPL, UPS dan Sekretariat.
d.      Penataran, Pembinaan dan Pelatihan yang diadakan oleh KMW / Instansi terkait.
e.       Menyelenggarakan dan mengikuti pelatihan-pelatihan dari dana fix cost.
f.       Mengikuti pelatihan Pembukuan dan Pelaksana Program PLP-BK.
g.      Mengikuti pameran-pameran.
h.      Mengadakan Penilaian KSM Berprestasi, dll.
7.      Tiap Tahun Memberikan Santunan kepada Anak Yatim/Piatu
8.      Penyaluran Zakat Fitrah dan Zakat Mal/ Harta.
9.      Pendampingan dan Pengawasan Program PNPM-MP
10.  Pendampingan dan Pengawasan Program PAKET
11.  Pendampingan dan Pengawasan Program PLP-BK / ND.
12.  Pelaksanaan AUDIT Keuangan BKM
1.  Tahun 2001 dilaksanakan tanggal : 21 September 2002
     Dengan hasil : Wajar tanpa catatan
2.  Tahun 2002 dilaksanakan tanggal : 28 Februari 2003
     Dengan hasil : Wajar tanpa catatan
3.  Tahun 2003 dilaksanakan tanggal : 02 Maret 2004
     Dengan hasil : Wajar tanpa catatan
4.  Tahun 2004 dilaksanakan tanggal : 20 Maret 2005
     Dengan hasil : Wajar tanpa catatan
5.  Tahun 2005 dilaksanakan tanggal : 27 Februari 2006
     Dengan hasil : Wajar tanpa catatan
6. Tahun 2006 dilaksanakan tanggal : 8 Februari 2008
     Dengan hasil : Wajar tanpa catatan
7.  Tahun 2007 dilaksanakan tanggal :  6 Maret 2008
     Dengan hasil : Wajar tanpa catatan
8.  Tahun 2008 dilaksanakan tanggal : 14 Maret 2009
     Dengan hasil : Wajar tanpa catatan
9.  Tahun 2009 dilaksanakan tanggal : 28 Desember 2010
     Dengan hasil : Wajar tanpa catatan
10. Tahun 2010 dilaksanakan tanggal : 22 Juni 2011
      Dengan hasil : Wajar tanpa catatan

13.  Pemilu BKM
BKM telah melaksanakan PEMILU BKM untuk memilih BKM baru Periode 2011/2013.  pada siklus Ke-4 yang dilaksanakan dari tingkat Basis / Pedukuhan yang menghasilkan 5 orang utusan setiap pedukuhan untuk melaksanakan Pemilu BKM di Tingkat Desa.
Pemilu BKM tingkat desa dilaksanakan pada hari Senin Tanggal 7 Desember 2010 bertempat di Pendopo Desa Pleret. Pemilu ini menghasilkan 11 orang yang duduk di BKM Maju Makmur periode 2011-2013.
14.  Membentuk Tim Pengawas UPK BKM Maju Makmur
Pada rapat rutin BKM Maju Makmur tanggal 5 Januari 2010 telah dibentuk tim Pengawas UPK yaitu : Bapak H. Ismadi.



Koordinator BKM



Ahmad Sudarmi, S.Pd.
Pleret, 30 Desember 2011
Sekretariat



Rifqi Fatoni, A.Md.



C.   Laporan Keuangan BKM Maju Makmur Desa Pleret.



BAB IV
PERUBAHAN ANGGARAN DASAR / ANGGARAN RUMAH TANGGA

A.    Anggaran Dasar
BKM Maju Makmur Periode 2011 s.d. 2013 menggunakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Tahun 2011 yang di akta notariskan pada Tanggal 19 April 2011 oleh Hj. Puji Astuti, SH. masih sangat relevan dengan kondisi BKM saat ini.
( Foto Copy Akta Notaris Terlampir. )

B.     Anggaran Rumah Tangga
Anggaran Rumah Tangga BKM
( Foto Copy Terlampir )
Link Anggaran Rumah Tangga 




BAB V
RENCANA TAHUN 2012 ( RENTA 2012 )

Rencana Program Tahun 2012 merupakan hasil dari kegiatan review Program/PJM yang telah dilaksanakan di tingkat basis dan di sepakati dalam Lokakarya Partisipatif.



BAB VI
RENCANA KERJA BKM

A.    RENCANA KERJA BKM TAHUN 2012 :
1.      Merumuskan dan menetapkan kebijakan serta aturan secara demokratis dan partisipatif terutama dalam bidang penggunaan BLM PNPM-MP program pemberdayaan masyarakat.
2.      Berperan serta dan Proaktif terhadap Program PNPM-MP, PLP-BK/ND, Paket yang dilaksanakan di Desa Pleret.
3.      Mensosialisasikan kepada masyarakat tentang misi, visi, rencana strategis dan rencana program penanggulangan kemiskinan ( Pronangkis ).
4.      Mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan keputusan-keputusan yang telah diambil BKM terutama penggunaan dana BLM PNPM-MP, BLM PLP-BK/ND, BLM PAKET dan penanggulangan kemiskinan di Wilayah Desa Pleret.
5.      Bekerjasama dengan Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan dan Pengawasan Program-program BKM yang menyangkut dengan dana BLM.
6.      Membangun transparansi kepada masyarakat dan pihak luar mengenai sirkulasi laporan kegiatan dan keuangan bulanan/triwulan dan lain-lain.
7.      Membangun kepercayaan kepada masyarakat dengan mengauditkan diri melalui auditor external/independen dan hasilnya disebarluaskan ke masyarakat dan dilaporkan pada RWT bulan Desember 2012.
8.      Meningkatkan kegiatan-kegiatan BKM yang mencakup kegiatan dibidang Ekonomi, Lingkungan, dan Sosial sebagai upaya penanggulangan kemiskinan dan pembangunan lingkungan perumahan dan pemukiman.
9.      Mengadakan rapat rutin, rapat insidentil, rapat khusus dan rapat tahunan.
10.  Mengawasi pelaksanaan kegiatan UPK, UPL, UPS dan Sekretariat secara rutin dan meminta laporan perkembangan kegiatannya secara periodik minimal sebulan sekali.
11.  Mengadakan pembinaan dan sharing/diskusi dengan UPK, UPL, UPS dan Sekretariat secara rutin.
12.  Mengadakan hubungan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan.
13.  Program-program lain yang diputuskan dalam rapat pleno BKM.
14.  Membentuk KSM – KSM di tingkat pedukuhan maupun tingkat desa untuk penyaluran Dana BLM  PNPM-MP maupun PLP-BK.
15.  Membentuk Panitia Kemitraan (PAKEM) Program Penanggulangan Kemiskinan Terpadu (PAKET).
16.  Membentuk Tim dan Melaksanakan Review Partisipatif ( Kelembagaan, Program/PJM dan Keuangan ) yang melibatkan unsur BKM, Pemerintah Desa, Lembaga Desa dan Relawan/Tokoh Masyarakat.
17.  Mengoptimalkan Komisi UPK, Komisi UPL dan Komisi Kesekretariatan untuk bisa mengawasi dan meminta laporan dari UP-UP dan Sekretariat.
18.  Merenovasi Kantor BKM Maju Makmur yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pleret.
B.     PROGRAM KERJA KESEKRETARIATAN BKM :
1.      Membenahi administrasi BKM.
2.      Menyusun agenda rapat dan pertemuan BKM.
3.      Membuat dan menyebarkan undangan.
4.      Dibantu komisi Keseretariatan melaksanakan notulensi dalam setiap acara rapat dan pertemuan BKM.
5.      Membuat daftar hadir rapat yang diadakan BKM.
6.      Memberikan laporan hasil Notulensi kepada BKM atau pihak lain yang berkepentingan.
7.      Mencatat administrasi keuangan Operasional BKM dan mencatat pengelolaan BLM yang sumbernya mengambil dari Unit Pengelola Keuangan (UPK), Unit Pengelola Lingkungan (UPL)  dan Dana BOP BLM.
8.      Melaporkan administrasi keuangan kepada BKM dan Instansi terkait secara berkala.
9.      Mencatat kegiatan-kegiatan BKM berdasarkan laporan dari unit-unit BKM ( UPK, UPL, dan UPS ).
10.  Mencatat kegiatan surat menyurat dan pengarsipannya.
C.    PROGRAM – PROGRAM YANG LAIN :
1.      Menginventarisasi kegiatan unggulan KSM agar suatu saat dapat ikut pameran dan dipasarkan.
2.      Kerjasama dengan pihak lain (channeling). Adanya kesempatan bermitra dengan lembaga-lembaga yang ada di yogyakarta memberi peluang BKM Maju Makmur untuk mengakses dana dalam melaksanakan program penanggulangan kemiskinan.




Koordinator



AHMAD SUDARMI, S.Pd.
Pleret, 30 Desember 2011

Pengurus BKM “Maju Makmur”
Sekretariat



RIFQI FATONI, A.Md.





BAB VII
RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA
( RAPB )

BKM MAJU MAKMUR DESA PLERET
Link RAPB




BAB VIII
DAFTAR USULAN PROGRAM MUSRENBANGDES (DUPM)

Daftar Usulan Program Musrenbangdes (DUPM) adalah Daftar program hasil review program BKM Maju Makmur yang akan diusulkan pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Desa Pleret untuk pelaksanaan kegiatan tahun 2012.




BAB IX
PENUTUP

Demikianlah laporan BKM Maju Makmur Desa Pleret dalam rembug warga tahunan TANGGAL 30 Desember 2011, semoga dapat bermanfaat bagi fihak-fihak yang terkait.
Tentu saja laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan, kami BKM Maju Makmur Desa Pleret mohon maaf yang setulus-tulusnya.
Kritik, saran, usul demi perbaikan dan kemajuan BKM “ Maju Makmur “ selalu kami harapkan.



Koordinator



AHMAD SUDARMI, S.Pd
Pleret,  30 Desember 2011
BKM “Maju Makmur” Desa Pleret
Sekretariat



RIFQI FATONI, A.Md.













LAMPIRAN
1.   Daftar Hadir RWT
2.   Daftar Anggota BKM
3.   F. Copy Laporan Hasil Audit
4.   F. Copy Anggaran Dasar
5.   F. Copy Anggaran Rumah Tangga
6.   Dokumentasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar