Selamat Datang

Sugeng Rawuh Wonten Ing Blog BKM Maju Makmur Desa Pleret.....!!!!! Maturnuwun Sampun Kerso Pinarak..... CP.BKM = (0274) 664-2614

STUDY BANDING

TIPP Desa Pleret
Akan Study Banding ke Kali Gesing


PLPBK merupakan salah satu kegiatan pembelajaran bagi masyarakat untuk menata lingkungan perumahan dan permukiman secara bersama-sama. Proses pembelajaran yang dikembangkan melalui PLPBKmencakup beberapa kegiatan, antara lain melalui rangkaian pelatihan dan penyuluhan berkaitan dengan penataan lingkungan; diskusi bersama antar stakeholders yang berperan dalam kegiatan tersebut baik itu di tingkat masyarakat (desa), kabupaten (SKPD, forum BKM, KBK) serta Konsultan pendamping; belajar sudy kasus baik itu melalui pemaparan atau pengamatan lapangan serta kegiatan-kegiatan lain yang menunjang keberhasilan PLP-BK di Desa Pleret.

Sebagai tindak lanjut dari rangkaian pembelajaran masyarakat dalam kegiatan PLPBK di Desa Pleret, maka perwakilan Pemerintah Desa, BKM, TIPP, POKJA dan relawan akan mengadakan kegiatan study banding pada hari Ahad, tanggal 20 Maret 2011 ke Kelompok Tani Ternak Kecamatan Kali Gesing di Kabupaten Purworejo. Melalui kegiatan study banding ini, diharapkan peserta dapat “ngangsu kawruh” berkaitan dengan kegiatan peternakan di Kali Gesing yang sudah dikelola secara profesional. Aktivitas masyarakat peternakan akan memberi pengaruh yang cukup besar terhadap penataan lingkungan permukiman.

Di dalam kegiatan study banding tersebut, peserta akan diajak untuk melihat pengelolaan peternakan yang terkenal di Nusantara dengan komoditi utama Kambing Etawa. Pengelolaan peternakan kambing etawa, meliputi pemeliharaan, pola pemberian makan, pengolahan hasil peternakan, pengolahan dan pemanfaatan limbah serta pemasarannya. Di tempat tersebut, akan dipelajari tentang manajemen dan hasil produksi dari peternakan kambing etawa.

2 komentar:

  1. peserta sekitar 50 orang memakai armada 2 bus, terdiri dari tipp, bkm,sebagaian pokja, dukuh dan lurah/mewakili...

    BalasHapus