Selamat Datang

Sugeng Rawuh Wonten Ing Blog BKM Maju Makmur Desa Pleret.....!!!!! Maturnuwun Sampun Kerso Pinarak..... CP.BKM = (0274) 664-2614

RWT BKM Maju Makmur Desa Pleret Tutup Buku Tahun 2012

Lurah Desa Pleret Bapak Nur Subiyantoro memberikan sambutan
Tanggal 29 Desember 2012 merupakan hari yang ditunggu oleh warga Desa Pleret. Karena pada hari itu BKM Maju Makmur Desa Pleret telah mengundang Tokoh Masyarakat, Lurah, Camat, PJOK, Bappeda, Forum BKM, Pamong, Dukuh, Relawan, BKM, UP-UP, perwakilan lembaga desa ( BPD, LPMD, Karang Taruna, PKK) dan perwakilan KSM untuk hadir pada acara Rembug Warga Tahunan (RWT). RWT ini merupakan ajang BKM Maju Makmur Desa Pleret menyampaikan Laporan Kegiatannya selama satu tahun sekaligus penyampaian evaluasi dari Tim Review Partisipatif.
Pada RWT ini dilaksanakan di Pendopo Bale Desa Pleret dan dihadiri oleh Bapak Nur Subiyantoro (Lurah Desa Pleret), Bapak Ashari (Ketua LPMD), Bapak Slamet Widodo (Ketua BPD), Pengurus BKM Maju Makmur, KSM, Relawan dan Tokoh Masyarakat yang jumlah kehadirannya mencapai 90 orang ( 60 laki-laki dan 30 perempuan ).
Dipandu oleh Moderator eksentrik dan lincah yaitu Bapak Tadhorungin, acara RWT dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan sambutan koordinator BKM, Lurah dan Koorkot. selanjutnta acara dilanjutkan penunjukan ketua sidang yaitu Ketua LPMD (Bapak Ashari) yang meminpin jalannya sidang dengan agenda Laporan dari Koordinator BKM Maju Makmur, Bapak Ahmad Sudarmi, S.Pd. Tidak banyak hal yang disampaikan oleh Bapak Koordinator ini, karena secara rinci laporan kegiatan BKM sudah di tayangkan dengan layar besar. Pokok yang disampaikan Pak ahmad sudarmi tentu saja ucapan terima kasih kepada semua pihak baik Kelurahan, LPMD, BPD, Para Relawan, KSM dan dan semua tamu undangan yang telah bekerja sama dengan baik sehingga seluruh kegiatan PNPM-MP dan PLP-BK bisa berjalan dengan baik di tahun 2012 dan memberdayakan masyarakat.
Selain itu koordinator BKM juga menyampaikan hasil-hasil yang telah dicapai melalui BLM PNPM-MP dan BLM PLP-BK di tahun 2012 yang nilainya sangat besar, serta menyampaikan calon program yang akan didapat oleh BKM di tahun 2013 yang diantaranya :
  1. Program Sanitasi Komunal (USRI) di pedukuhan gunungkelir senilai Rp. 350.000.000,-
  2. Program Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) yang rencananya akan dilaksanakan untuk pembangunan showroom potensi Desa Pleret di utara pasar pleret ( pedukuhan kauman ) senilai lebih dari Rp. 900.000.000,-
  3. Program PNPM-MP senilai 150 juta s.d. 200 juta rupiah.

Pemberian piala dan uang pembinaan kepada KSM Berprestasi

Peserta RWT mengikuti dengan seksama jalannya RWT

Selanjutnya, Koordinator BKM juga menyampaikan bahwa program-program besar yang nilanya diatas ratusan juta rupiah merupakan hasil jerih payah BKM yang selama ini mampu menjadi BKM yang mumpuni dan dikategorikan BKM terbaik di kabupaten bantul serta dukungan penuh dari pemerintah Desa Pleret dan masyarakat Desa Pleret. pak ahmad berharap seluruh kegiatan PNPM-MP dan kegiatan lain yang dikelola oleh BKM dapat bersinergi dengan Pemerintah Desa Pleret agar pengentasan kemiskinan di Desa Pleret dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Selanjutnya acara penyampaian hasil review partisipatif dan lokakarya oleh Drs. Suhadi dan dilanjutkan penyampaian laporan UP-UP dan sekretariat.
laporan pengelolaan Dana Pinjaman Bergulir yang telah dilaksanakan dari tahun 2000 dengan total modal guliran sebesar Rp. 199.967.000,- Dana tersebut kini sudah berkembang menjadi Rp. 633.728.000,- dengan KSM yang mengakses berjumlah 146 KSM.
Laporan UPS (Unit Pengelola Sosial) menyampaikan laporan penggunaan dana UPS untuk kegiatan Pelatihan Dasar memasak catering (BLM) dan untuk santunan Anak yatim/piatu serta dana sosial opname di rumah sakit. selain itu UPS BKM juga mampu melaksanakan chanelling dengan BLK Bantul untuk melaksanakan pelatihan LAS LISTRIK untuk 16 warga desa pleret selama 1 bulan dan mendapatkan peralatan usaha.
Laporan UPL yang disampaikan adalah realisasi kegiatan pembangungan lingkungan yang dikelola melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat). Kegiatan yang telah berjalan berupa Pembangunan RTLH agar menjadi layak huni, Jamban/MCK, Gorong-gorong, Rabat beton (PNPM) kemudian pasar klitikan, draenase, Rabat Beton dan Bangunan Pengendali banjir (PLP-BK)
Setelah laporan-laporan kemudian acara dilanjutkan penyampaian rencana kerja BKM, RAPB, Renta dan DUPM tahun 2013.
dan Alhamdulillah seluruh hadirin menerima laporan BKM dan berharap BKM semakin maju dan menyampaikan permohonan agar proses pembuatan proposal dan lpj KSM ekonomi agar dipermudah.
Dalam RWT ini juga disampaikan Trofi/piala dan Uang Pembinaan bagi KSM Berprestasi dan pembagian kalender tahun 2013 bagi seluruh tamu undangan sebagai sarana sosialisasi BKM kepada masyarakat.
RWT ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.
Demikian RWT ini berlangsung dengan penuh keceriaan. Semoga program PNPM yang dikelola oleh BKM Maju Makmur Desa Pleret ini bermanfaat bagi seluruh warga Desa Pleret.
KSM Berprestasi berfoto dengan Koordinator BKM dan Kabag Ekbang Desa Pleret

Pengurus BKM Maju Makmur Desa Pleret periode 2011-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar