Selamat Datang

Sugeng Rawuh Wonten Ing Blog BKM Maju Makmur Desa Pleret.....!!!!! Maturnuwun Sampun Kerso Pinarak..... CP.BKM = (0274) 664-2614

KANGGOTAN DAN KERTO BUTUH DRAENASE



PLERET  - Sejumlah warga mengeluhkan derasnya aliran air di sepanjang jalan Dusun Kanggotan serta Kerto Desa Pleret Bantul saat hujan lebat. Air akan menyusuri jalan sebelum masuk saluran di  sisi timur jembatan.

  
Sodik seorang warga Kanggotan, Senin (16/1) sore mengatakan, setiap hujan  turun , air akan mengalir ke barat di di atas badan jalan. Bahkan di sejumlah titik seluruh badan jalan tertutup genangan air.



Dijelaskan, air  berasal dari dusun  Kerto  yang tidak sempat masuk saluran.. “Setiap hujan di sepanjang jalan ini seperti saluran irigasi, karena air mengalir di atas badan jalan,” ujar Sodik. Sebenarnya kata Sodik, sudah ada saluran di sisi timur jembatan. Tetapi  itu pun tidak menyelesaikan masalah.



Menurutnya  bila  hujan  reda, gelontoran air dari sisi timur mandeg. Tetapi yang sudah menggenang di sisi
barat  lama susutnya. “Harus ada saluran di bahu jalan, baik kanan dan kiri, sehingga  air tidak  melintas di atas badan  jalan,” jelasnya.



Terpisah Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat (Kaur Kesra) Desa Pleret, Anang Jatmiko, ketika dikonfirmasi  mengatakan, sebenarnya  akar dari  genangan air di ruas jalan itu akibat  pintu gejlik belum  dibuka ketika air datang.  Lokasi pintu air  berada di  Dusun Kerto atau  barat Lapangan  Kanggotan.  Pintu air itu  kata Anang bercabang dua, ke  timur dan selatan. Tetapi yang sering jadi masalah, ketika debit air dari utara naik sedang pintu air  ke timur  belum sempat dibuka.

Bila sudah begitu air naik ke badan jalan mengalir  ke barat,” ujarnya. 
Sumber : KRjogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar