Selamat Datang

Sugeng Rawuh Wonten Ing Blog BKM Maju Makmur Desa Pleret.....!!!!! Maturnuwun Sampun Kerso Pinarak..... CP.BKM = (0274) 664-2614

ILO Jalin Kerjasama dengan Sentra Peternakan Nitirejeki Pleret



Pleret – Sebagai bentuk perhatiannya dalam bidang perburuhan, khususnya pada aspek ketenagakerjaan, International Labour Organization (ILO) atau organisasi buruh internasional yang bermarkas di Jenewa-Swiss, pada hari Kamis (17/11), mengadakan kunjungan kerja ke Sentra Peternakan Niti Rejeki yang berada di Dusun Bedukan, Desa Pleret, Kab. Bantul, D.I. Yogyakarta.
Kunjungan kerja yang mengangkat tema “International Workshop Participants Local Investmen for Climate Change Adaption Green Jobs Throught Green Works” ini, dilakukan sebagai tahap awal kerjasama antara ILO dengan Sentra Peternakan Niti Rejeki, yang menjadi “pilot project” pengelolaan peternakan di Kecamatan Pleret.
Pada kesempatan tersebut, turut hadir perwakilan dari Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), serta Masyarakat Ilmuan dan Teknologi Indonesia (MITI). Disela-sela kegiatan, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, dilakukan penanaman pohon sesuai dengan negara asal masing-masing anggota ILO yang hadir, bersama dengan Lurah Desa Pleret Bapak Nur Subiyantoro, dan anggota Sentra Peternakan Niti Rejeki yang diwakili oleh Bpk. Muhnisun. Adapun tujuan dari penanaman pohon tersebut, menurut Sdr. Anton Budi Hartono selaku ketua panitia penyelenggara, dimaksudkan untuk “reboisasi” atau penghijauan kembali wilayah di sekitar Sentra Peternakan Niti Rejeki.
Sejak terbentuk di tahun 2009, Sentra Peternakan Niti Rejeki pada awalnya merupakan organisasi kelompok yang terdiri dari peternak sapi. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, melalui hasil pemikiran diantara anggota kelompok, warga masyarakat, serta dukungan yang diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, Sentra Peternakan Niti Rejeki perlahan berkembang menjadi sentra peternakan yang tidak hanya terdiri dari kelompok peternak sapi.
Hingga kini, tercatat telah ada empat kelompok ternak yang ada di Sentra Peternakan Niti Rejeki, dengan jumlah anggota yang mencapai 30-an orang. Keempat kelompok ternak tersebut antara lain, Kelompok Ternak Sapi Niti Rejeki, Kelompok Ternak Kambing PE Ngudi Makmur, Kelompok Ikan Mina Karya, dan Kelompok Unggas. Ke depan, Sentra Peternakan Niti Rejeki diharapkan mampu menjadi model percontohan pengelolaan sentra peternakan di Desa Pleret pada umumnya, dan di Kec. Pleret pada khususnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar