PROGRAM KERJA BKM "MAJU
MAKMUR" DESA PLERET
TAHUN 2013
_______________________________________________________________________
A. RENCANA KERJA BKM TAHUN 2013
:
- Merumuskan dan menetapkan kebijakan serta aturan secara demokratis dan partisipatif terutama dalam bidang penggunaan BLM PNPM-MP dan program pemberdayaan masyarakat.
- Berperan serta dan Proaktif terhadap Program PNPM-MP, Program PBL dan Program Sanitasi Komunal yang dilaksanakan di Desa Pleret.
- Mensosialisasikan kepada masyarakat tentang misi, visi, rencana strategis dan rencana program penanggulangan kemiskinan ( Pronangkis ).
- Mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan keputusan-keputusan yang telah diambil BKM terutama penggunaan dana BLM PNPM-MP, PBL, BLM Sanitasi Komunal dan penanggulangan kemiskinan di Wilayah Desa Pleret.
- Bekerjasama dengan Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan dan Pengawasan Program-program BKM yang menyangkut dengan dana BLM.
- Membangun transparansi kepada masyarakat dan pihak luar mengenai sirkulasi laporan kegiatan dan keuangan bulanan/triwulan dan lain-lain.
- Membangun kepercayaan kepada masyarakat dengan mengauditkan diri melalui auditor external/independen dan hasilnya disebarluaskan ke masyarakat dan dilaporkan pada RWT bulan Desember 2013.
- Meningkatkan kegiatan-kegiatan BKM yang mencakup kegiatan dibidang Ekonomi, Lingkungan, dan Sosial sebagai upaya penanggulangan kemiskinan dan pembangunan lingkungan perumahan dan pemukiman.
- Mengadakan rapat rutin, rapat insidentil, rapat khusus dan rembug warga tahunan.
- Mengawasi pelaksanaan kegiatan UPK, UPL, UPS dan Sekretariat secara rutin dan meminta laporan perkembangan kegiatannya secara periodik minimal sebulan sekali.
- Mengadakan hubungan kerjasama dengan pihak lain (channeling) yang saling menguntungkan.
- Membentuk KSM – KSM di tingkat pedukuhan maupun tingkat desa untuk penyaluran Dana BLM PNPM-MP dan BLM lainnya.
- Membentuk Tim dan Melaksanakan Review Partisipatif ( Kelembagaan dan Keuangan ) yang melibatkan unsur BKM, Pemerintah Desa, Lembaga Desa dan Relawan/Tokoh Masyarakat.
- Mengoptimalkan Komisi UPK, Komisi UPL dan Komisi Kesekretariatan untuk bisa mengawasi dan meminta laporan dari UP-UP dan Sekretariat.
- Melaksanakan Sosialisasi, Pembentukan Tim, Coching dan kegiatan Refleksi Kemiskinan dalam rangka penyusunan PJM Pronangkis baru ( 2014/ 2016 )
- Melaksanakan Sosialisasi, Pembentukan Tim, Coching dan kegiatan Pemetaan Swadaya (PS) dalam rangka penyusunan PJM Pronangkis baru ( 2014/ 2016 )
- Melaksanakan sosialisasi, pembentukan Panitia Pemilu BKM, coching panitia dan kegiatan pemilu BKM Periode 2014 s.d. 2016.
B. PROGRAM KERJA KESEKRETARIATAN
BKM :
- Membenahi administrasi BKM.
- Menyusun agenda rapat dan pertemuan BKM.
- Membuat dan menyebarkan undangan.
- Dibantu komisi Keseretariatan melaksanakan notulensi dalam setiap acara rapat dan pertemuan BKM.
- Membuat daftar hadir rapat yang diadakan BKM.
- Mencatat administrasi keuangan Operasional BKM dan mencatat pengelolaan BLM yang sumbernya mengambil dari Unit Pengelola Keuangan (UPK), Unit Pengelola Lingkungan (UPL) dan Dana BOP BLM.
- Melaporkan administrasi keuangan kepada BKM dan Instansi terkait secara berkala.
- Mencatat kegiatan-kegiatan BKM berdasarkan laporan dari unit-unit BKM ( UPK, UPL, dan UPS ).
- Mencatat kegiatan surat menyurat dan pengarsipannya.
- Mengembangkan media sosialisasi kegiatan BKM kepada masyarakat luas melalui Internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar